Survei: elektabilitas Bima Arya masuk tiga besar

survei pertama untuk pilkada kota bogor 2013 dan dilakukan lembaga smart-pol menempatkan ketua dpp partai amanat nasional bima arya selama tiga besar di tingkat elektabilitas ataupun keterpilihan.

dia (bima arya) meraih 6,47 persen, dan masuk tiga besar di tingkat elektabilitasnya, setelah wakil wali kota bogor ahmad ru`yat juga artis syahrul gunawan, papar direktur riset smart-pol syahril ilhami di bogor, jawa barat, jumat sore.

smart-pol merupakan lembaga survei dan bergerak dalam bidang survei, marketing dan politik, dalam mana penelitinya ada sulit adalah mahasiswa pascasarjana institut pertanian bogor.

didampingi direktur politik auhadillah, saat memaparkan hasil survei pra-pilkada kota bogor 2013--2018, ia menunjukan kiranya pada rangka menyambut proses demokratisasi yang berlangsung selama kota bogor tersebut, dengan demikian smart-pol mengerjakan survei pra-pilkada yang dilakukan pada 22-27 maret 2013.

ia menunjukan bahwa teknik pengambilan sample membeli probability sampling (multi-stage random sampling.

jumlah responden sebanyak 458 orang daripada enam kecamatan serta 20 kelurahan se-kota bogor dan dilakukan pada warga daripada tingkat pendidikan tak sekolah juga tidak tamat sd sampai sarjana.

Lainnya: cincin pasangan murah - cincin tunangan murah - cincin kawin murah - cincin tunangan murah

pekerjaan responden mulai dari petani/nelayan/buruh/tukang/pedagang hingga pelajar/mahasiswa, ibu properti tangga, pegawai dan profesional. sementara status ekonomi diambil dari seluruh strata, mulai kelas bawah, menengah serta atas.

syahril ilhami menjelaskan kiranya tokoh dan disurvei meliputi 59 nama, yang didapatkan menurut Informasi dan masukan daripada publik, tokoh partai, birokrat, public figur serta sumber Informasi lainnya.

menurut dia, banyak tiga kategori yang dipilih, yaitu popularitas, akseptabilitas (penerimaan/kesukaan) serta elektabilitas.

berdasarkan elektabilitas, maka posisi tiga besar daripada 15 nama yang angkanya 1 persen ke atas, maka urutannya pertama ditempati wakil wali kota achmad ru`yat (11,69 persen), kedua syahrul gunawan (9,95 persen) dan bima arya (6,47 persen.

popularitas artis

sementara tersebut, untuk kategori popularitas, yang dikerucutkan lagi pada posisi 15 besar, kelompok masyarakat penyanyi menempati posisi teratas.

posisi tiga besar ditempati masing-masing dengan syahrul gunawan (58,46 persen), paranormal ki gendeng pamungkas (43,28 persen), juga ahmad ru`yat (37,81 persen).

untuk tingkat akseptabilitas, posisinya merupakan syahrul gunawan (30,10 persen), ahmad ru`yat (22,30 persen) dan ki gendeng pamungkas (14,43 persen).

direktur politik smart-pol auhadillah menambahkan bahwa mereka telah siap menerima konsekuensi bahwa survei tersebut hendak ditanggapi beragam, baik dengan penduduk maupun bakal calon yang ingin tambah besar.

itu risiko sebuah survei, oleh karenanya bila dituduh ada pesanan pun, kami siap. tapi, kami melakukannya dengan standar survei dan bisa dipertanggungjawabkan, ujarnya.