Kemkumham beri insentif pengurusan HKI

direktorat jenderal hak kekayaan intelektual kementerian hukum juga hak asasi manusia (ham) memberikan insentif terhadap penduduk dan mau mengurus pengakuan hak atas kekayaan intelektualnya.

pemberian insentif itu khususnya terhadap siswa, mahasiswa, akademisi, pelaku usaha mikro, kecil, menengah, juga pengusaha di daerah istimewa yogyakarta (diy), papar direktur jam ditjen hak kekayaan intelektual (hki) kementerian hukum juga ham faturachman selama yogyakarta, jumat.

pada peringatan hari hak kekayaan intelektual se-dunia tingkat diy, ia menungkapkan insentif yang diberikan berupa permohonan merek, hak cipta, serta paten. di 2013, pihaknya sudah mengalokasikan dana sebesar rp600 juta.

hal itu dilaksanakan karena diy sangat kaya potensi baik di jenis pertanian, perkebunan, umkm maupun kreativitas lainnya dan telah dikenal dengan dunia, katanya.

Informasi Lainnya:

wakil gubernur diy paku alam ix menyampaikan, peringatan hari hki penting karena dapat merupakan wahana membangun kesadaran mengenai arti penting hki bagi masyarakat diy.

hak tersebut berguna agar memberikan perlindungan kepada pengusaha juga produk bermerek. pada ini ada pilihan dipalsukan, bahkan dipatenkan bagian lain karena tidak mengetahui mekanisme serta agama yang telah diberlakukan, katanya.

menurut dia, lahirnya peraturan dan ada kaitan dengan hki berdampak di sikap penghargaan, penghormatan, juga perlindungan dan tidak hanya memberikan rasa aman, sementara dan menciptakan cuaca dan kondusif.

hal itu, papar dia, bermanfaat kepada peningkatan semangat atau gairah untuk menghasilkan karya-karya inovatif juga produktif terutama bagi para pelaku umkm dan ada terdapat selama diy.

dengan perlindungan terhadap hki tersebut pelaku umkm dan memiliki karya intelektual mampu mendapatkan kepastian hukum sehingga pemegang hak hendak memperoleh perlindungan hukum serta mengerjakan upaya hukum melalui lebih kuat, katanya.

kepala kanwil kemkum serta ham diy rusdianto menungkapkan, diy merupakan salah Salah satu daerah pada indonesia dan masyarakatnya potensial juga mempunyai kreativitas dan inovasi tinggi.

mereka bisa mewujudkan karya serta karsa yang menasional malahan menginternasional seperti kreativitas dalam memproduksi kata-kata dan melekat di desain kaus, kerajinan, kuliner, film animasi, serta perangkat lunak, katanya.