Sekjen PBB sambut kesepakatan Serbia-Kosovo

sekretaris jenderal perserikatan bangsa bangsa ban ki-moon pada jumat menyambut kesepakatan antara serbia dan kosovo, juga menyediakan santunan badan dunia tersebut agar membantu penerapannya.

sekjen menyambut bagus kesepakatan bermanfaat diantara beograd dan pristina yang diparaf hari ini pada brussels, di bawah naungan perwakilan uni eropa agar urusan luar negeri serta kebijakan keamanan, catherine ashton, papar pernyataan dan dikeluarkan oleh juru bicara ban yang dilansir xinhua.

serbia juga kosovo pada jumat mencapai kesepakatan bersejarah agar menormalkan hubungan mereka sesudah pembahasan dan difasilitasi uni eropa dalam brussels, belgia.

kosovo, Salah satu provinsi serbia, secara sepihak memproklamasikan kemerdekaan pada tahun 2008. namun, serbia menolak mengakui dijadikan Salah satu negara yang merdeka.

Informasi Lainnya:

uni eropa mengaturnya untuk persyaratan awal bagi masukan uni eropa atas serbia bahwa negara tersebut mesti menormalkan hubungan dengan tetangganya, terutama kosovo.

sekjen mengucapkan selamat serta memuji kaum pemimpin daripada kedua bagian agar penentuan itu juga mengharapkan kiranya perjanjian itu hendak membawa masa depan yang cerah dan stabilitas abadi terhadap wilayah tersebut, tutur pernyataan itu.

sekjen sangat mengakibatkan para bagian supaya menuntaskan proses bersejarah ini dan mengikuti langkah-langkah konkret untuk setia menyelesaikan perjanjian, kata pernyataan tersebut.

pbb siap agar membantu kaum bagian selama upaya tersebut.