Yogyakarta akan mutakhirkan basis data UMKM

dinas perindustrian perdagangan koperasi dan pertanian kota yogyakarta bersiap memutakhirkan basis data upaya-upaya mikro kecil juga menengah (umkm) sehingga diketahui kondisi terkini daripada usaha yang bisa mendukung aktifitas perekonomian di wilayah tersebut.

dengan model pemutakhiran basis data upaya-upaya mikro kecil dan menengah (umkm), diharapkan hendak diperoleh data dan valid perihal adanya umkm masih selama wilayah ini, papar kepala seksi kajian juga pengembangan umkm dinas perindustrian perdagangan koperasi dan pertanian (disperindagkoptan) kota yogyakarta, sudarmono, pada yogyakarta, minggu.

menurut dia, melalui adanya data dan valid tentang kondisi umkm pada kota yogyakarta, dengan begini dapat merupakan dasar bagi pemerintah daerah supaya mendatangkan situs serta kebijakan yang sesuai, contohnya pemberian bantuan.

program rutin dilakukan supaya pengembangan umkm selama kota yogyakarta selama antaranya merupakan pelatihan, serta pendampingan serta upaya motivasi terhadap pelaku umkm agar dapat terus mengembangkan usaha dan dirintisnya.

Informasi Lainnya:

dinas perindustrian perdagangan dan koperasi kota yogyakarta telah memasukkan pekerjaan pemutakhiran basis data umkm tersebut melalui unit layanan pengadaan (ulp) kota yogyakarta dengan kualitas pekerjaan sebesar rp105,35 juta.

kami berharap, proses lelang mampu berjalan melalui lancar serta juli sudah ada hasil dari pemutakhiran basis data umkm dalam wilayah, katanya.

sudarmono menyampaikan, pemutakhiran basis data umkm diselenggarakan terakhir kali dalam lalu yaitu memutakhirkan sebanyak 2.100 data umkm masih, juga dalam 2013 ditargetkan ada sebanyak 2.400 umkm masih yang bisa terdaftar.

kami memang hanya fokus dalam umkm masih saja. diharapkan, petugas akan melakukan survei segera pada lapangan mencari umkm yang masih, ujarnya.

berdasarkan data terakhir di 2010, total kasus umkm di kota yogyakarta mencapai 22.091 umkm dan tersebar dalam semua kecamatan pada wilayah tersebut melalui spesifikasi terbanyak merupakan umkm yang bergerak pada jenis industri pengolahan pangan.

kami harapkan, dapat menampilkan data umkm di kota yogyakarta melalui laman dan sudah kami miliki. nanti kami ingin bekoordinasi melalui bagian teknologi Informasi serta telematika untuk menampilkan datanya dengan online, ujarnya.