Pramuka NU gelar jambore nasional pertama

pramuka pada lingkungan lembaga studi nahdlatul ulama mau mengadakan jambore nasional di mojoagung, kabupaten jombang, jawa timur di 24--29 juni 2013.

ini jambore nasional pertama di lingkungan studi nu, papar ketua pengurus pusat lembaga studi (pp lp) ma`arif nu hz arifin junaidi ketika peluncuran jambore nasional bertajuk perkemahan wirakarya ma`arif nu nasional (perwimanas) dalam jakarta, sabtu.

hadir selama acara tersebut wakil ketua kwartir nasional pramuka bidang organisasi dan kerja sama amoroso katamsi, menteri pembangunan daerah tertinggal helmy faishal zaini, jajaran panitia pusat serta daerah, juga sederat anggota pramuka dalam lingkungan pendidikan nu.

menurut arifin, sampai ketika ini telah terdaftar sebanyak 1216 audien dari 19 provinsi yaitu dari bali, jawa timur, jawa tengah, jawa barat, banten, diy, kalimantan barat, kalimantan sedang, kalimantan timur, bangka belitung, maluku utara, sulawesi sedang, sumatera utara, ntb, lampung, bengkulu, dki, juga jambi.

Informasi Lainnya:

target kita berbagai provinsi dapat mengutus putra terbaiknya, ujarnya.

menurut dia, acara jambore nasional nanti selain diisi dengan model kepramukaan juga akan diperkaya dengan berbagai kegiatan seperti latihan kepemimpinan, jurnalistik, diskusi juga penyuluhan mengenai hiv/aids, juga pentas budaya.

selain tersebut, lanjut dia, pada acara jambore nanti pihaknya sekaligus ingin meluncurkan gugus satuan komunitas pramuka dan menghimpun berbagai gugus kepramukaan di lingkungan lp ma`arif nu mulai daripada satuan pendidikan, cabang, wilayah, juga nasional sebagaimana disarankan kwarnas.

arifin mengatakan lp ma`arif nu, dan mengurus studi formal dari tingkat dasar dan menengah di lingkungan nu, membawahi 13 ribu sekolah, sepertiga dalam antaranya sekolah publik, melalui persentasi siswa sekitar sembilan juta siswa yang di ini turut menyukseskan program-program kepramukaan yang dilaksanakan oleh kwarnas, kwarda, serta kwarcab.

organisasi kepramukaan pada sekolah dan madrasah kami sangat massif. malahan untuk wilayah jawa timur, kegiatan perkemahan sudah rutin kami laksanakan setiap tahun melalui melibatkan perwakilan gugus depan paling pas pada tiap-tiap cabang, ujarnya.

oleh karena tersebut, pihaknya optimistis bisa mewujudkan gugus satuan komunitas pramuka selama lingkungan lp ma`arif nu.

karena kami mengikuti persyaratan pembentukan gugus satuan komunitas, yang pada antaranya merupakan mempunyai kepengurusan wilayah tidak mahal di lima provinsi, kata arifin.