TKI korban kebakaran di Malaysia memprihatinkan

sekitar 200 tenaga kerja indonesia (tki) dan web tinggalnya pada malaysia terbakar, kondisinya memprihatinkan karena selain kehilangan harta benda mereka dan kesulitan mengikuti pemakaian sehari-hari dan hanya mengandalkan santunan dari warga indonesia yang lain dan bersimpati.

kami hanya bekerja agar menyelamatkan anggota keluarga saja ternyata barang-barang pada di rumah kongsi (bedeng akan tetapi) tidak sempat terselamatkan, kata zaki, pekerja asal pulau kangean, jawa timur, ketika dijumpai di lokasi kebakaran selama kurang lebih kawasan alami heights condominium, seri kembangan, selangor, malaysia, minggu.

para korban hanya dapat menyelamatkan pakaian yang melekat dalam badan oleh karenanya tidak sediakan gantinya. namun beberapa hari ini sejumlah santunan telah datang dari para penduduk indonesia yang bersimpati.

sudah ada pilihan bagian dan memberikan santunan agar pemakaian pakaian dan makanan. kami amat berterima kasih atas santunan daripada sesama penduduk indonesia dan kembali selama malaysia, katanya.

Informasi Lainnya:

mengenai karena kebakaran rumah kongsi itu secara tentu belum disukai, tapi banyak dugaan akibat hubungan arus pendek listrik.

kebakaran terjadi jam enam pagi waktu malaysia atau menjelang subuh sehingga kaum pekerja tak sempat menyelematkan harta bendanya.

menurut dia, kebakaran dan terjadi selasa pagi (7/5) tersebut tidak saja meludeskan web tinggalnya, tapi harta benda serta dan paspor dibuat bukti kewarganegaraan ikut dilalap si jago merah itu.

namun itulah, kata dia, para korban kebakaran itu tetap dipaksa bekerja serta kalau tak akan bekerja, pimpinan proyek mengancam mau memanggil polisi untuk mereka ditangkap karena tak sediakan dokumen.

sementara itu, kondisi website kembali pascakebakaran dan amat memprihatinkan sebab tak baik supaya huni dan selama malam hari terasa dingin serta kalau hujan dan air tidak rumit tergenang.

dalam situasi seperti itu, sederat pekerja mengikuti inisiatif agar membangun info tinggal darurat dengan membuat gubuk dari triplek pada lantai dasar bangunan yang baru selama proses pengerjaan tersebut.

seharian kami membangun bersama gubuk itu dan sekarang sudah ada pilihan dan bisa digunakan, papar zaki.

bantuan sesama wni

sejumlah komunitas masyarakat indonesia dalam malaysia sesudah memperoleh info mengenai musibah tersebut sekarang telah menyalurkan bantuan bagus secara segera ataupun dikumpulkan bersama oleh sederat komunitas.

menurut danil daulay junaidy, betul wni dan turut membantu penggalangan bantuan agar korban kebakaran, kini ini santunan berupa makanan, minuman, obat-obatan, pakaian baik pergunakan sudah diberikan segera ke lokasi kebakaran.

bantuan itu selain daripada kbri kuala lumpur, juga datang dari rombongan kelompok edukasi supaya bangsa (eub), mahasiswa universitas terbuka pokjar kuala lumpur, sikl, ormas muhamadiyah cabang kuala lumpur juga sederat dari perusahaan.

hari ini diberikan santunan berupa pakaian anak-anak, baju agar orang dewasa, sepatu, sendal, topi, bantal, selimut, bahkan dorongan bayi mengingat ditempat kebakaran itu serta terdapat bayi berusia dua bulan, katanya.

atas sumbangan wni itu, para korban kebakaran amat berterima kasih sebab barang-barang seperti tersebut dan mereka perlukan sehingga mampu segera dipergunakan.

bantuan itu amat diperlukannya, namun mereka dan harapkan dapat mendapatkan bantuan keuangan karena selain biaya mereka ikut terbakar, kaum pekerja itu telah dua bulan belum terima gaji, ungkap dia.