PNM untuk redistribusi pusat unggulan pendidikan

berubahnya status swasta politeknik madiun adalah politeknik negeri madiun (pnm) agar redistribusi pusat unggulan selama jenis studi vokasi pada jawa timur, tutur menteri studi serta kebudayaan (mendikbud) muhammad nuh.

selama ini, pusat unggulan studi berada selama kota besar, seperti surabaya juga malang. hal itu dan akan dihapus dengan pemerintah pusat, ujarnya seusai mersmikan pnm dalam kota madiun, sabtu.

menurut dia, terdapat beberapa target kemudahan dengan berubahnya status politeknik madiun dari swasta ke negeri, diantaranya akses dan lebih mudah pada anak-anak muda yang berasal dari daerah supaya mendapatkan pendidikan tinggi.

anak-anak muda itu tidak mesti beranjak daerah untuk sekolah. disamping tersebut, pnm serta menumbuhkan kebanggaan terhadap warga madiun juga sekitarnya, tutur nuh.

Informasi Lainnya:

keberadaan pnm itu hendak melengkapi politeknik sebelumnya pada jawa timur. selain madiun, pemerintah telah mengembangkan politeknik negeri banyuwangi serta politeknik negeri madura.

nuh menunjukan, redistribusi pusat unggulan pendidikan itu adalah salah Satu investasi bangsa indonesia supaya menjadi bangsa yang besar pada 2045. di masa itu, indonesia membutuhkan sebanyak 130 juta tenaga terampil.

sebanyak 130 juta tenaga terampil itu harus dipersiapkan jauh-jauh hari mulai daripada sekarang. tidak hanya di madiun saja, tapi dan selama daerah yang lain selama indonesia. sekalipun ketika ini angka mahasiswa dalam politeknik negeri madiun masih 700 pihak, tapi kita miliki impian agar merupakan bangsa dan besar, katanya.

mantan rektor institut teknologi sepuluh nopember (its) surabaya tersebut menyebutkan kiranya tanda-tanda bangsa indonesia mau menjadi bangsa yang sulit amat jelas. hal tersebut mampu dilihat dari siklus tujuh abad dan dimulai dari kejayaan kerajaan sriwijaya di abad ketujuh.

pada masa kejayaannya, kerajaan sriwijaya telah dikunjungi dengan orang-orang dari india dan china untuk belajar. hal itu menunjukkan betapa dasyatnya kerajaan sriwijaya, ujarnya.

ia menimpali, selama abad ke-14 indonesia terpuruk sebab penjajahan belanda, dan ketika ini abad ke ke-21 adalah masa-masa menuju 100 tahun indonesia merdeka, ujarnya.

wakil wali kota madiun, sugeng rismiyanto, menyatakan pemerintah kota madiun sudah menyediakan lahan seluas 10 hektare supaya pengembangan politeknik negeri madiun (pnm). harapannya, politeknik ini akan adalah pusat pendidikan vokasi unggulan supaya jatim wilayah barat.

pendirian pnm hendak membawa dampak positif terhadap warga, baik di jenis studi, sosial, maupun jenis ekonomi, katanya.

ia menambahkan, agar pengembangannya, pemkot madiun sudah menyiapkan anggaran rp6 miliar untuk membantu pnm dalam dua tahun selama awal penyelenggaraannya, sedangkan pengembangan lain-lain sebesar rp1 miliar.