BPN harmonisasikan aturan pertanahan dukung MP3EI

badan pertanahan nasional (bpn) ri berkomitmen penuh agar menyukseskan masterplan percepatan juga perluasan pembagunan ekonomi indonesia (mp3ei), sehingga bpn melakukan sejumlah terobosan dan seluruh website untuk mendukung mp3ei.

kepala bpn ri, hendarman supandji mengemukakan keuntungan itu di sela-sela rapat koordinasi mp3ei koridor ekonomi sulawesi serta koridor ekonomi papua-maluku dalam manado, jumat sore.

dalam keterangan tertulisnya, hendarman menjelaskan web dan dilakukan bpn antara lain dengan berlakunya uu nomor 2 tahun lalu tentang pengadaan tanah kepada pembangunan agar kepentingan publik.

uu ini berbeda melalui peraturan sebelumnya. uu ini lebih memberikan kepastian serta keadilan bagus proses pengadaan tanahnya maupun ganti rugi dan diberikan kepada penduduk yang ditetapkan dengan apraisal (penilai) independen, katanya.

Informasi Lainnya:

dia menunjukan pengadaan tanah untuk kepentingan publik berdasarkan uu no 2/2012 menimbulkan empat tahap yaitu: perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan penyerahan hasil.

setiap tahap ini telah ditentukan waktunya, oleh karenanya penyelenggaran pengadaan tanah supaya kepentingan umum dicari tak berlarut-larut, tutur mantan jaksa agung tersebut.

selain tersebut, bpn telah memprogramkan penelitian juga siap mengerjakan pengukuran tanah ulayat penduduk hukum adat dalam papua manakala sudah gamblang warga hukum adatnya dan tanah ulayatnya.

sebelumnya dalam rapat itu mengemuka sederat kendala tenntang pelaksanaan mp3ei yang salah satunya merupakan sengketa tanah ulayat selama papua.

hendarman menambahkan bpn saat ini dan tengah mempersiapkan ruu pertanahan. dalam mana dalam dalamnya, antara lain memenage mengenai reforma agraria, serta hak atas tanah masyarakat hukum adat. disamping tersebut, bpn ri dan mengerjakan sinkronisasi serta harmonisasi peraturan perundang-undangan pada jenis pertanahan, katanya.

sinkronisasi serta harmonisasi itu dimaksudkan agar ke depan, tak terjadi dulu tumpang tindih peraturan tenntang pertanahan. agar tanah dapat lebih berdaya guna, bpn ri dan menggarap percepatan pensertipikatan tanah, ujarnya.

melalui sertipikasi tanah ini, papar hendarman dengan demikian hak-hak atas tanah dapat lebih terjaga, makanya dapat membawa faedah yang lebih besar kepada terciptanya kemakmuran rakyat.

sebelumnya, di sederat kesempatan hendarman mengingatkan dua tugas dan diberikan presiden susilo bambang yudhoyono kepadanya pada memimpin bpn. presiden menugaskan aku mengurangi sengketa juga ingat pada pihak kecil, katanya.

oleh sebab itu, hendarman mengatakan, bpn ingin selalu menggalakkan program-program prorakyat yang telah berjalan. program-program tersebut diantara lain: sertifikat prona gratis, program jemput bola layanan sertifikat tanah agar rakyat (larasita) dan situs one day service.